Senin, 28 Juni 2010

KAULAH PANDUKU

Coklat biru busana mu,,,,,,Hijau Indah Kacu Lehermu.... Lembut Tulus Sapamu.... Kau Selamanya Dapat Dipercaya.... Kau Setia dan Teguh Hati.... Kau Siap Menolong dan Wajib Berjasa.... Kau Cinta Perdamaian dan Persaudaraan.... Kau Sopan Santun dan Perwira.... Kau Menyayangi Semua Makhluk.... Kau Siap Melaksanakan Perintah dengan Ikhlas.... Kau Sabar dan Bermuka Manis.... Kau Hemat dan Cermat.... Bahkan, Kau Suci dalam Pikiran, Perkataan dan Perbuatan... Kaulah Hizbul Wathanku...

Kamis, 03 Juni 2010

MACAM MACAM PERMAINAN

1, PERMIANAN OUTBOND - POLISI DAN PENJAHAT

Kategori ; permainan unik

Permainan diikuti oleh lebih dari 20 peserta, dengan formasi bergandengan tangan membuat satu lingkaran, tentunya dengan posisi berdiri.

Pemandu mengkaitkan sebuah hulahop pada salah satu gandengan tangan yang telah membentuk lingkaran tersebut. selanjutnya searah jarum jam berputar, pemandu mengkaitkan sebuah sarung pada salah satu gandengan tangan dengan jarak kira-kira 10 peserta.

jika peserta sudah siap, pemandu memberi aba-aba kepada peserta untuk memindahkan hulahop dan sarung kepada peserta dalam lingkaran, bergerak searah jarum jam, tentunya tidak diperbolehkan melepas gandengan tangan.

Hulahop dalam permainan ini, diibaratkan sebagai polisi yang bergerak mengejar penjahat. Sedangkan sarung adalah adalah penjahat yang berusaha berlari menghindari kejaran polisi.

Permainan akan berakhir jika posisi hulahop dan sarung bertemu pada salah satu peserta dalam lingkaran, selanjutnya peserta ini akan diberi hukuman.

Peralatan yang dibutuhkan : Sebuah hulahop dan sarung.

Tujuan Permainan : Untuk mencairkan suasana selama kegiatan.


2, PERMIANAN OUTBOND - MENYUSUN CERITA

Kategoro ; permainan kerja sam tim

Permainan ini bertujuan melatih seseorang untuk membuat sebuah opini, dan merupakan permainan kompetisi antar kelompok. pemandu menyediakan beberapa lembar kertas yang berisi sebuah gambar dan harus berbeda dengan yang lainnya. Jumlah kertas bergambar haruslah sama dengan jumlah peserta yang mewakili kelompoknya.

Langkah awal kelompok yang beradu, membuat barisan saling berhadapan dengan kelompok lainnya, bisa juga semua peserta membuat formasi lingkaran. Intinya pemandu akan meletakan kertas bergambar ditengah-tengah para peserta agar semua peserta dapat mengambilnya secara bersamaan.

Setelah siap, pemandu memberi aba-aba agar semua peserta segera mengambil kertas bergambar secara bersamaan, ingat tiap peserta harus mengambil satu lembar kertas. Setelah semua peserta mendapat kertas bergambar, pemandu mempersilahkan masing-masing kelompok untuk berdiskusi menyusun gambar menjadi sebuah cerita menarik.

Kemudian, saatnya setiap kelompok harus membawakan ceritanya kepada semua peserta lainnya. Caranya, masing – masing anggota kelompok harus berbaris membawa dan menunjukan gambar sesuai urutan cerita. dimulai dari anggota yang pertama, mulai menceritakan bagian ceritanya masing-masing. Kemudian dilanjutkan sesuai urutan dalam barisan tersebut. Jadi masing-masing anggota mendapat kesempatan untuk bercerita, namun isi cerita harus berkaitan dengan isi cerita anggota sebelumnya. Penilaiannya adalah berdasarkan isi cerita yang sesuai dan menarik.

Perlengkapan yang disiapkan : Kertas dengan tema gambar sejumlah peserta.

Tujuan dari permainan ini adalah :

* Mengajak setiap peserta untuk dapat berdiskusi dalam kelompoknya.
* Memberi kesempatan kepada peserta untuk berbicara di depan umum, melalui cerita yang dibawakan.


3, PERMAINAN OUTBOND - ARAPAN SAPI

Kategori ; permainan keja sama tin , permainan lomba

Karapan Sapi berasal dari Pulau Madura – Jawa Timur Indonesia, yang merupakan jenis olah raga pacu yang menggunakan dua ekor sapi untuk membawa seorang joki, tentunya dengan sebuah kereta yang menyerupai bajak sawah. Dalam permainan outbond karapan sapi ini, tidak menggunakan dua ekor sapi. Jadi jangan salah paham ya, karena kita akan gunakan istilah karapan sapi sebagai nama dari permainan outbond.

Permainan ini merupakan pertandingan yang menyerupai karapan sapi, setiap kelompok terdiri dari 3 orang. 2 orang bertugas menarik karapan dan 1 orang sebagai jokinya.Panitia menyediakan 4 buah karung goni yang akan digunakan sebagai karapannya.

Aturan mainnya setiap kelompok akan bertanding secara bertahap. Sebagai persiapan, masing-masing kelompok yang bertanding mendapat 1 karung goni, 2 orang bersiap untuk menyeret karung goni dan 1 orang duduk sambil berpegang erat diatas karung goni.

Setelah aba-aba mulai terdengar, barulah setiap kelompok yang telah siap berada digaris start bergerak menyeret karung goninya menuju garis finish. Pemenangnya adalah yang tercepat mencapai garis finish dan joki tidak terjatuh dari karungnya.

Perlengkapan yang disiapkan : Karung goni sesuai dengan jumlah kelompok.

Tujuan dari permainan ini adalah :

* Membangun kerjasama kelompok, dengan strateginya.
* Untuk membuat perlombaan antar kelompok.

Saran :

* Lakukan permainan ini pada tempat yang rata dan kering, hamparan pasir dipantai sangat cocok untuk permainan ini.


4, PERMAINAN OUTBOND - YEL-YEL

Kategori ; pemrainan yel-yel

Yel-yel ini bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan, dilaksanakan berdiri dalam formasi barisan atau lingkaran. Seorang pemandu untuk memberikan aba-aba lisan Salam Rimba, kemudian seluruh peserta menjawab dengan gerakan berturut-turut sebagai berikut :

1. Bertepuk tangan 3 kali.
2. Menepuk dada dengan kedua telapak tangan 3 kali.
3. Menepuk paha dengan kedua telapak tangan 3 kali.
4. Menepuk pantat dengan kedua telapak tangan 3 kali.
5. Menghentakan kaki kanan ke tanah 3 kali.
6. Meneriakan Yel-yel Salam Rimba, 1 kali, dengan semangat, tangan kanan diangkat dengan posisi mengepal.

Untuk situasi dan kondisi acara, kalimat yel-yel dapat diganti.

Tujuan dari permainan ini adalah :

* Membangun semangat dan motivasi dalam kegiatan.

5, PERMAINAN OUTBOND - KATA SIMON

Kategori ; permainan unik

Permainan ini menguji kejelian semua peserta pada setiap perkataan pemandu. Dilakukan oleh semua peserta dengan formasi berkumpul membentuk lingkaran. Aturan mainnya adalah sebagai berikut :

Semua pemain harus mengikuti perkataan dari pemandu, namun pemandu harus mengawali perkataan dengan Kata Simon. Misalnya, kata simon semua harus maju selangkah, maka semua peserta harus maju satu langkah. Untuk yang tidak mengikuti perkataan ini dinyatakan kalah dalam permainan dan mendapat hukuman.

Yang menarik dari permainan ini, pemandu berusaha menjebak semua peserta dengan perkataan yang tidak diawali dengan Kata Simon. Misalnya setelah maju selangkah silahkan duduk. Jika perkataan ini diikuti, peserta dinyatakan kalah dalam permainan dan mendapat hukuman. Karena ini bukan perkataan dari simon.

Tujuan dari permainan ini adalah :

* Setiap peserta harus selalu memperhatikan ucapan yang didengarnya, dan tidak mudah terprovokasi.


Jadi jelaslah bahwa sebenarnya, semua harus jeli mengikuti perkataan simon. Jika tidak akan mendapat hukuman dari permainan ini.